Thursday, July 12, 2018

GEGURITAN PERPISAHAN SMP N 1 KLIRONG KEBUMEN



Zaman Iki Wis Banget Tuo
Dening : Turiyo Ragil Putra

Ngger, anakku
Zaman iki wis banget tuo
Kebudayaan wis rontang – ranting
Subasito mung kari crito

Ojo maneh sinom, dhandhanggula, utawa gambuh
Salirik geguritan wae, wis ora ono sing nggape
Kejaba kerlap-kerlipe lintang ing langat kono
Sing setyo ngrenggoni sepine wengi

Binareng anggambare cempaka sari
Wis ora ono tembang kinanthi
Sing mbiyen tansah methuk eseme rembulan
Nalika bocah-bocah dolanan jamuran

Wis ora ono, ngger
Kejaba swara tangis
Saka pang-pang lan godhong melati
Sing dumadhakan ceblok tanpa daya ngrungkebi bumi

Zaman iki wis banget tuo, anakku
Ojo mimpi kembang guritan ngrenggoni taman
Bocah angon galik-galik kehidupan



Ojo Lali
Dening : Eko Wahyudi

Anak-anakku
Dino iki dino kang dianti-anti
Kanggo mujudake racikaning ukara dadi sesanti
Digurit, diukir ing watu prasasti

Anak-anakku
Opo kowe wis lali?
Umurmu ing pawiyatan iki
Telung taun wae isih kurang telung sasi
Biyen nalika sepisan mlebu sekolah
Mindhak-mindhik, isin-isin, lan wedi-wedi
Setaun bacute wis wani gemagah, kepara, kemayu, lan kemaki

Anak-anakku
Kowe yo ra ngerti
Menawa wong tuomu datan melu
Direwangi adus kringet kanggo mbasuh greget
Nungsang jempalik kanggo melik gegayuhan mukti
Rino wengi tanpa kendhat sesambat marang gusti


Anak-anakku
Opo kowe isih kumawani
Opo oleh-olehmu kanggo sangu bali ngadhep wong tuo
Supoyo isih pantes sungkem lan ngaras pada

Anak-anakku
Ojo lali
Bapak Ibu Dwija pindha ngenteni laire jabang bayi
Arep pindha tetuko apadene wisanggeni
Krana kelas sanga umure kari sangang wulan sepuluh dina
Wis sue sliramu kabeh jinamas ing kawah candradimuka
Dipeper, digembleng, lan digladhi
Sawernaning kawruh ngitung, nyimak, nulis, lan moco
Mulo jingglengna oncatmu soko kelas pitu, wolu, lan songo

Anak-anakku
Daksangoni pangeling-eling
Supoyo ing tembe kowe kabeh ojo pangling
Jembare donya kang sagodhong kelor, ojo ndadekake drajatmu dadi asor
Jambare bumi kang gari senyari ojo gelem dadi wong mburi
Jangkahmu ngupadi gegayuhan mung kari sekilan mulo ojo ketinggalan
Jajahen desa wilangen kori, kowe bakal ngerti wewadi ing tembe mburi

3 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    ReplyDelete
  2. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    ReplyDelete