Sunday, June 10, 2018

Abstrak Skripsi dalam Novel De Winst


ABSTRAK
Saputra, Canadian Aditya. 2013. “Bias gender dan Perjuangan Tokoh Utama Perempuan dalam Novel De Winst karya Afifah Afra Sebuah Kajian Feminisme dan Skenario Dan Pembelajarannya Di SMA”.
Permasalahan pokok yang penulis tulis dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah wujud ketidakadilan gender perempuan dalam novel De Winst (2) bagaimanakah perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel De Winst karya Afifa hAfra (3) bagaimana pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah  (1) mendeskripsikan ketidakadilan gender (2) mendeskripsikan perjuangan tokoh utama perempuan (3) mendeskripsikan pembelajaran aspek feminis yang terkandung dalam novel De Winst karya Afifah Afra.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan observasi. Sumber data adalah novel De Winst karya Afifah Afra, fokus penelitian menitik beratkan pada aspek gender dan perjuangan tokoh utama perempuan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat tulis dan kartu data.Dalam teknik analisis data menggunakan teknik analisisisi. Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik informal, jadi data-data dipaparkan menggunakan kata-kata tanpa tanda atau lambang.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) ketidakadilan gender pada tokoh perempuan novel De Winst karya Afifah Afra dibagi menjadi dua bagian yaitu kekerasan fisik dan kekerasan psikis (2) perjuangan tokoh perempuan antara lain memperjuangkan haknya atas penolakan perjodohan yang dilakukan oleh orang tuanya, mengorbankan diri demi orang lain yang terbagi menjadi beberapa bagian antara lain bergabung dengan partai rakyat, mendirikan sekolah dilingkungan kraton, mendirikan sekolah untuk rakyat, dan mendidik Pratiwi untuk sukses (3) pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA diutamakan kemampuan dasar siswa mencakup aspek kognitif, sikap dan ketrampilan yang haurs dikuasai oleh siswa. Pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra menggunakan pendekatan pakem dengan langkah-langkah (a) pendahuluan (b) pendekatan inti (c) kegiatan penutup.
Kata kunci: bias gender, perjuangan fenisme, skenario pembelajaran.

No comments:

Post a Comment