ABSTRAK
Saputra, Canadian Aditya.
2013. “Bias gender dan Perjuangan Tokoh
Utama Perempuan dalam Novel De Winst karya
Afifah Afra Sebuah Kajian Feminisme dan Skenario Dan Pembelajarannya Di SMA”.
Permasalahan
pokok yang penulis tulis dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah wujud ketidakadilan
gender perempuan dalam novel De Winst (2) bagaimanakah perjuangan tokoh
utama perempuan dalam novel De Winst karya
Afifa hAfra (3) bagaimana pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan ketidakadilan gender (2)
mendeskripsikan perjuangan tokoh utama perempuan (3) mendeskripsikan pembelajaran
aspek feminis yang terkandung dalam novel De
Winst karya Afifah Afra.
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan
observasi. Sumber data adalah novel De Winst
karya Afifah Afra, fokus penelitian menitik beratkan pada aspek gender dan perjuangan tokoh utama perempuan.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah alat tulis dan kartu data.Dalam teknik analisis
data menggunakan teknik analisisisi. Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik
informal, jadi data-data dipaparkan menggunakan kata-kata tanpa tanda atau lambang.
Dari
hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) ketidakadilan gender pada tokoh perempuan novel De Winst karya Afifah Afra dibagi menjadi dua bagian yaitu kekerasan
fisik dan kekerasan psikis (2) perjuangan tokoh perempuan antara lain memperjuangkan
haknya atas penolakan perjodohan yang dilakukan oleh orang tuanya, mengorbankan
diri demi orang lain yang terbagi menjadi beberapa bagian antara lain bergabung
dengan partai rakyat, mendirikan sekolah dilingkungan kraton, mendirikan sekolah
untuk rakyat, dan mendidik Pratiwi untuk sukses (3) pembelajaran novel De Winst karya Afifah Afra di SMA diutamakan
kemampuan dasar siswa mencakup aspek kognitif, sikap dan ketrampilan yang haurs
dikuasai oleh siswa. Pembelajaran novel De
Winst karya Afifah Afra menggunakan pendekatan pakem dengan langkah-langkah
(a) pendahuluan (b) pendekatan inti (c) kegiatan penutup.
Kata kunci: bias gender,
perjuangan fenisme, skenario pembelajaran.
No comments:
Post a Comment